Minggu, 26 Oktober 2014

That Star is Mine

v Bagian Ketiga


         “Dok, ada pasien yang gawat yang harus segera ditangani secepatnya. Tolong dokter segera datang ke rumah sakit sekarang juga.” Ucap suster Ana yang panik.
     “Tolong bilang ke dokter jaga untuk memberikan pertolongan pertama sembari menunggu saya datang, 15 menit saya akan sampai di rumah sakit. Sudah kamu jangan panik ya, Ana.” Ucapku menenangkan.
          “Baik dok, terima kasih.” Ucap suster Ana sambil menutup sambungan telponnya.

Memang pusing masih menyerangku, tapi ini pekerjaanku aku harus menolong pasien dan menyelamatkan nyawanya walaupun taruhannya nyawaku sendiri. Kuambil jas putih dan peralatan kedokteran yang lainya dan ku sambar kunci mobil yang tergantung di gantungan hello kity di dinding.

Langsung saja ku pacu mobilku di jalanan Jakarta yang untungnya tidak semacet biasanya, dan 10 menit kemudian aku telah sampai di rumah sakit. Akupun segera berlari menuju suster Ana yang menunggu di pintu depan Rumah Sakit.

          “Bagaimana kondisi pasienya?” jawabku sambil memakai jas putih.
        “Usia 7 tahun, mengalami kecelakaan dan terjadi patah tulang di rusuk dan tangan kirinya.”
        “Ya Allah, lalu apa sudah ada pihak dari keluarganya yang datang? Segera siapkan ruang operasi  dan panggil Dokter Andi untuk menemui saya.”
         “Sudah dok, pihak keluarga dan juga pihak yang menabrak si anak. Dok, apa dokter baik-baik saja?” selidik Ana sambil memperhatikan wajahku.
         “Saya baik-baik saja Ana, ayo kita harus segera mengambil tindakan.”

Akupun langsung masuk ke ruang operasi, karena kalau tidak dilakukan tindakan pada anak tersebut aku takut ada organ dalam yang terkena patahan tulang rusuk anak tersebut. Dokter Andi yang baru saja datang langsung mengambil posisinya di depanku, dengan posisi kita berhadap-hadapan.

          “Sudah siap semuanya?” tanyaku pada yang lainnya.
          “Siap.” Jawab semuanya serempak

1 jam kemudian, operasi selesai. Semuanya berjalan dengan lancar berkat kerja sama tim yang baik dan juga mukjizat dari Allah. Semua tenaga para tim terkuras habis karena terlalu fokus pada operasi hari ini. Baru beberapa langkah keluar dari ruang operasi, tiba-tiba tubuhku limbung dan detik berikutnya aku sudah tergeletak di lantai rumah sakit. Samar-samar kudengar jeritan suster Ana yang meminta bantuan kepada suster maupun dokter yang sedang berada disitu.

Ketika terbangun, aku sudah ada di ruang rawat inap dengan sebuah infusan yang menancap ditanganku. Dokter Erza yang juga salah satu sahabatku sedang mengamati sambil mengecek detak jantungku dengan stetoskopnya terkejut ketika aku membuka mata.
          “Za, gue dimana? Nih apaan pake infus nancep segala lagi, gue baik-baik aja kok.” Jawabku lirih karena pusing langsung menyergapku.
          “Di ruang mayat Rin, pake nanya lagi dimana. Ya di ruang inap lah tadi elo tiba-tiba pingsan abis OP. Apaan yang baik?? Tensi elo rendah banget, orang biasa mungkin udah pingsan ngegeletak tapi karena elo dokter mungkin punya darah cadangan kali ya.” Jawab Erza yang membuatku tersenyum.
         “Yee, gue nanya baik-baik kali Za. Berapa tensi gue, jangan bilang turun lagi. Karena gue punya tanggung jawab atas nyawa seseorang, itu yang bikin gue jadi lebih kuat.” Jawabku
          “68/60 parah gila lo ya, makanya sekarang elo harus di infus sama istirahat dulu. Tapi gue salut sama elo deh Rin, dengan tensi yang rendah banget elo masih bisa jalanin OP bareng si Andi tadi sumpah keren banget.” Jawabnya sambil memberikan tepuk tangan kecil tanda kagum.
          “Gila, turun lagi. Hahaha bisa aja ya elo ngebanyolnya, thanks ya Za. Sampe kapan gue harus di sini?”
        “Iya sama-sama Rin, sampai habis infusnya sama kalau tensi elo udah normal lagi baru elo bisa pulang. Eh iya tadi hp bunyi tuh.”
          “Lamaa juga, elo mau bantuin ngabisin infusnya nggak? Oh iya, mana hp gue ya?”
        “Yeee, bisa dimarahin direktur gue kalo nggak nyembuhin anak emasnya. Nih, tadi gue pegang.”
        “Ye, basi. Anak emas dari Hongkong. Yaudah sana cek pasien-pasiennya. Gue udah baikan kok.”
          “Kalau ada apa-apa panggil aja suster.”

Tuh kan benar saja, ternyata Arshi yang menelpon. Langsung saja aku telpon balik Arshi. Semoga dia tidak ngambek, kalau sudah ngambek ngedieminya itu loh yang susahnya minta ampun. Baru saja kupencet speed dial no 3 yang langsung mendial nomer hpnya, langsung saja ku dengar ocehannya Arshi yang sangat khas mirip burung beo.

          “Elo gimana sih? Gue telpon nggak diangkat-angkat, gue udah di apartemen elonya nggak ada. Elo dimana sih Rin jam segini, udah tau elo lagi nggak enak badan kan.”
        “Aduh satu-satu ngomelnya bisa kan? Sorry, gue dapet panggilan mendadak dari rumah sakit. Terus tadi gue pingsan soalnya tensi gue rendah banget.”
       “Pingsan? Lagi? Duh maaf maaf gue udah ngomel-ngomel nggak karuan. Terus sekarang elo gimana?” jaawab Arshi dengan nada yang melembut
           “Gue diinfus sama si Erza, katanya harus abis baru bisa pulang. Udah nggak pa-pa kok, palingan masih pusing aja nih kepala gue dari tadi. Udah kayak abis naik vertigo aja nih.”
          “Yaudah mau gue jemput?”
          “Gimana? Gue bawa si twin Ar.”
          “Yee gampang, gue jemput elo pake mobil gue nah mobil elo titipin aja dirumah sakit gimana?”
         “Yaudah deh, ntar kalau udah abis ini infusan gue call balik elo yaa. Gue mau tidur dulu daripada ngeliat eternite muter-muter tuh eternitenya.” Balasku sambil mematikan sambungan telponku dengan Arshi.

Crap!! This gonna take a long time just to stay in this room. Keluhku sambil mencoba untuk tidur namun bukannya tidur malah pusing hebat yang kurasakan. Dan lucu lagi, aku ini seorang dokter yang menyembuhkan pasien tapi untuk sekedar merawat dan menyembuhkan diri sendiri saja aku tidak bisa.

Memang benar kata Aristoteles bahwa kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian, mengingat umurku yang sudah 25 tahun. Dimana pada umurku yang sekarang, para wanita pada umumnya sudah memiliki calon pendamping hidupnya, kecuali aku. Ya kecuali Maurin Kalinggarshi. Apa karena aku sibuk? Perasaan juga nggak sibuk-sibuk banget kok, palingan ke rumah sakit sama pulang ke rumah kalau dirasa udah sumpek dan bete dengan keadaan di apartemen.

Enak kali ya kalau udah punya cowok, bisa hang out bareng entah kemana nggak harus sama sahabat yang selalu aja bawa gandengan entah itu statusnya udah resmi pacaran atau baru sekedar pdkt. Emang Arshiku cintaku selalu aja memberikan nasihat.

          “Ayolah, nikmatin dunia ini kita cuma hidup sekali loh. Jangan terlalu serius sama masalah-masalah harian elo, badan dan otak elo kan juga butuh istirahat apalagi hati elo Rin.” Ucap Arshi sambil menatapku lurus-lurus di kafetaria rumah sakit.
          “I’m enjoying my life I love it Ar. Loh kenapa sama hati gue? Perasaan baik-baik aja deh sampai tadi elo bilang something wrong with my heart.” Balasku polos yang langsung mendapat tatapan geli dari Arshi
         “Gue tau elo trauma sama kejadian yang udah nimpa kakak elo, tapi nggak seharusnya hal itu menghentikan elo buat membuka diri sama cowok kan? Gue udah kenal elo lebih lama dari siapapun, mungkin elo sendiri nggak mengenal diri elo tapi gue nggak Rin. Gue kenal elo luar dalem.”

Glek!! Langsung saja aku terdiam terpaku dan hening kurasakan di sekitarku. Bahkan bunyi dentingan jam di dinding terdengar jelas di telingaku. Seperti pesawat tempur yang sudah mengunci sasaranya untuk dibidik agar tepat sasaran, seperti itulah perasaanku saat ini setelah mendengar ucapan dari Arshi.

Jujur aku trauma dengan kejadian yang menimpa kak Ranggita, aku takut sedih dan enggan setelah melihat betapa menderitanya kakakku yang sangat aku sayangi hanya karena kekasihnya yang benar-benar tulus dia cintai tega melakukan hal keji tersebut kepadanya. Dan yang lebih kejamnya lagi aku harus membantu merawat kakakku di rumah sakit jiwa selama beberapa bulan dan akhirnya aku menerima kabar bahwa kakakku bunuh diri karena terlalu sedih sakit depresi dan menahan semuanya sendirian.

Arrghh!!! Aku benar-benar kalah telak kalau sedang bicara dengan Arshi. Memang benar dia orang yang paling mengerti diriku selain Ayah dan Bunda dan Juga Almh.Kak Ranggita. 8 tahun dia mengenalku, mana mungkin dia tidak tahu diriku luar dalam. Dan betapa bersyukurnya diriku ini karena Allah mengirimkan seorang sahabat baik yang benar-benar memahamiku, mendukungku selalu tau apa yang tengah merundungku.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar